Wiper Masa Depan Mobil Daihatsu?

future car daihatsu

Mobil mana yang tidak ada wiper atau pembersih kaca otomatis? Ini adalah komponen penting untuk keselamatan mobil terutama pada saat hujan. Namun, dari dulu bahkan sampai saat sekarang wiper mobil umumnya berbahan dasar karet, maka dari itu ketika ada yang mengembangkan sistem pembersih kaca dengan tekhnologi yang diadaptasi dari pesawat jet, maka ini merupakan inovasi. Frank Stephenson, bos desain McLaren menelurkan ide bahwa pada mobil bisa diterapkan sebuah tekhnologi yang membuat air hujan dan debu tidak bisa menempel pada kaca.

Sistem yang diadopsi dari pesawat jet ini memiliki cara kerja yang mirip digunakan oleh dokter gigi untuk menghilangkan plak dari gigi. Dengan menggunakan gelombang suara berfrekwensi tinggi, segala debu dan air tidak bisa menyentuh kaca. Lewat gelombang ultrasonik yang ditransmisikan secara konstan pada 30 kHz dipermukaan kaca maka sulit bagi berbagai benda halus untuk menempel. Tekhnologi ini sebenarnya sudah cukup lama ada di dunia militer. Itu kenapa tidak ada wiper di beberapa pesawat terbang. Namun, memang baru belakangan ini tekhnologi canggih tersebut boleh di implementasikan di ranah komersial.

Dengan cara kerja wiper terbaru ini, akan lebih baik lagi sebab daripada membersihkan material dari kaca maka lebih baik menghindari dan melindunginya. Dengan ketiadaan wiper konvensional tentu mobil akan menjadi lebih aerodinamis. Pemilik mobil juga tidak perlu lagi mengganti wiper atau juga direpotkan dengan karet wiper yang makin aus. Dijalanan kota-kota besar, wiper ini bisa mencegah tukang bersih kaca karena mereka tidak perlu lagi membersihkan kaca yang selalu bersih. Jadi tidak perlu menyediakan uang receh terlalu banyak, cukup untuk bayar parkir saja.

Tekhnologi ini diharapkan akan ada di mobil terbaru McLaren P13, yang rencananya akan dirilis di tahun 2015. Jika akhirnya di implementasikan, maka tidak mustahil model dan merk lain juga akan menggunakan piranti yang sama.

Nahh.. lohh.. kalo di Mobil Daihatsu tahun berapa yah bisa di implementasi in..?

sumber: mobil123.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *