Daihatsu Produksi 460.000 Mobil Setiap Tahun di Indonesia

Astra Daihatsu Palembang

Jakarta, KompasOtomotif – Daihatsu telah menjadikan Indonesia sebagai rumah kedua atau pertama di luar Jepang. Pasalnya, selain mendirikan Pusat Riset dan Pengembangan di Tanah AIr, termasuk tempat tes mobil (proving ground), total produksi dari dua pabriknya di Sunter (Jakarta Utara) dan Karawang, Jawa Barat akan mencapai 460.000 unit per tahun mulai 2014.

Hal tersebut disampaikan oleh Sudirman MR, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), daslam sambutan acara “Pesta Sahabat Daihatsu 2013”, malam Minggu kemarin (14/12/2013). Pabrik baru di Karawang memproduksi 120.000 unit per tahun.

Ditambahkan, Daihatsu juga mmemproduksi mobil yang dijual Toyota. Model-model terlaris Toyota di Indonesia yang dibuat oleh Daihatsu adalah Avanza, Rush dan terakhir adalah Agya. Selain, untuk pasar domestik, Daihatsu juga mengekspor produ ke beberapa tenaga, termasuk yuang manggunakan nama Toyota ke Jepang, misalnyan Lite Ace yang beradal dari Gran Max.

Insinyur Indonesia
Sementara itu, Wakil Presiden Daihatsu Motor Company (DMC), Tatsuya Kaneko, mengatakan, bukti Daihatsu menjadikan Indonesia sebagai rumah kedua adalah memperkenalkan 8 mobil konsep pada IIMS 2013 lalu. “Kedelapan mobil konsep tersebut pertama tampil dfi depan publik di dunia,” tegasnya.

Ditambahkan, pabrik Daihatsu di Karawang yang beroperasi sejak Oktober lalu dilengkapi dengan fasilitas “Test Course” dan Pusat Riset dan Pengembangan Pertama di Indonesia. “Dengan fasilitas ini, akan banyak insinyur muda Indonesia mengembangkan keahliannya,” jelas Kaneko.

Diharapkan pula, Daihatsu bisa berkontribusi positif memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui pengembangan industri otomotif.

“Daihatsu adalah perusahaan yang dikenal dengan mobil compact, ramah lingkungan dan irit bahan bakar, sekarang justru menjadi tren di dunia. Di Jepang mobil kecil yang disebut ‘K-Car’, menguasai 40 pasar persen dari total penjualan mobil baru. Daihatsu sejak 2006 berhasil meraih peringkat pertama 6 tahun berturut-turut. Ayla yang dluncurkan September lalu, sepenuhnya menggunakan teknologi Jepang,” beber Kaneko.

http://m.kompas.com/otomotif/read/2013/12/16/10912/direktori.html..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *